top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Ayo Jadi Keluarga Pembaharu!

Updated: Sep 28, 2023

Keluarga adalah pilar utama dalam membentuk masyarakat dan bangsa. Dari keluarga pula, dilahirkan generasi yang berkualitas. Mari berkenalan dengan Tim Dasa Keluarga Pembaharu (DAKARU) yang akan menghadirkan keluarga-keluarga pembaharu di seluruh Indonesia!


Hai Sahabat Ipedia!


Perubahan adalah sesuatu yang pasti. Perubahan bisa dimulai dari hal-hal kecil. Misalnya dimulai dari lingkup terkecil, yaitu keluarga. Pernah mendengar tentang Keluarga Pembaharu? Yuk kita kenalan dengan DAKARU!


Awal Mula Terbentuk DAKARU

Dasa Keluarga Pembaharu (DAKARU) adalah sebuah program yang tercetus dari Program Inovasi Ibu Profesional, yaitu Ibu Pembaharu. DAKARU merupakan gerakan yang dibentuk untuk menggaungkan fungsi keluarga sebagai agen perubahan. Gerakan DAKARU ini dimulai sejak bulan Agustus 2023. Misi dari DAKARU ini sendiri adalah menjadikan keluarga menjadi keluarga pembaharu yang memiliki empati, mampu melihat masalah, tidak takut melihat masalah, dan mampu mengubah masalah menjadi sebuah tantangan.


Sesuai dengan namanya, DAKARU ini dimulai dari 10 keluarga. Dari 10 keluarga ini, diharapkan keluarga pembaharu ini bisa menguatkan jejaring dengan membentuk keluarga-keluarga pembaharu lainnya. Dari DAKARU ini diharapkan bisa mendulang kesuksesan bersama di lingkungan masing-masing.

Mengapa 10 keluarga? Menurut Mbak Hamidah selaku Manajer Program DAKARU, alasannya karena kita sudah terbiasa berkumpul dengan kelompok-kelompok kecil, seperti di RT atau RW. Jumlah 10 keluarga ini juga lebih mudah untuk mengelolanya, lebih mudah untuk membuat kesepakatan bersama, dan juga untuk bergerak bersama. Oleh karena itu, DAKARU ini adalah sebuah gerakan yang bisa untuk dijalankan di lingkungan tempat tinggal kita.


Peran Penting Ibu dalam Membawa Perubahan

Sebelum mengubah keluarga, perubahan tentu harus dimulai dari diri sendiri. Seorang Ibu, sebagai jantung keluarga, harus berubah terlebih dahulu sebagai Ibu Pembaharu. Barulah ia akan membawa keluarganya menjadi Keluarga Pembaharu.

For things to change, I have to change first.

Walaupun Ibu memiliki peran oenting sebagai motor penggerak, program DAKARU ini berbasis keluarga, sehingga tidak hanya melibatkan Ibu-Ibunya. Tapi juga melibatkan semua anggota keluarga. Barulah ia bisa disebut sebagai Keluarga Pembaharu.



Kegiatan DAKARU

Saat ini sudah ada 8 wilayah yang menjalankan DAKARU dan ke depannya akan ada 18 wilayah yang akan menjalankan DAKARU. Secara umum kegiatan DAKARU adalah main bareng, ngobrol bareng, dan beraktivitas bareng keluarga. Setiap keluarga itu unik, jadi pasti memiliki selera masing-masing dalam berkegiatan.


Sahabat Ipedia penasaran seperti apa serunya project dari DAKARU?

Apa saja tantangan membimbing keluarga untuk menjadi Keluarga Pembaharu?

Bagaimana bila ingin menjadi Keluarga Pembaharu?


Saksikan video selengkapnya hanya di tayangan Kabar Sahabat Episode 91: To be Chaneg Maker Family with DAKARU hanya di Ipedia Berita Baik berikut ini:




15 views0 comments

Comments


bottom of page