top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

IPEDIA Goes to Event Edisi "Leader Camp 2024"

Forum belajar para leader di Ibu Profesional yakni Leader Camp 2024 digelar di Bandung, 30 Agustus - 01 September 2024 yang lalu. Seperti apa keseruan event tersebut? Simak liputan lengkapnya dalam artikel IPEDIA Goes to Event Edisi "Leader Camp 2024" berikut ini!


ipedia-goes-to-event

Sukses menggelar Leader Camp pertama di bulan April 2018, Lumbung Ilmu Ibu Profesional kembali menghadirkan forum belajar yang diperuntukkan para leader Ibu Profesional dalam Leader Camp 2024.


Jika Leader Camp pertama dihelat di Salatiga, Jawa Tengah, tahun ini Leader Camp diadakan di Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di Natura Hill, Lembang, peserta mendapatkan berbagai enrichment dan upgrading skill selama 3 hari 2 malam mulai tanggal 30 Agustus - 01 September 2024.


Acara ini dihadiri oleh para peserta yang merupakan leader dari berbagai komponen di Ibu Profesional, termasuk perwakilan program inovasi. Niya Nuryanti, menjadi ambassador yang menjadi perwakilan Ipedia dalam ajang Leader Camp tahun ini.


ipedia-goes-to-event
Niya Nuryanti sebagai Ambassador Ipedia dalam Leader Camp 2024 - Dokumentasi: Niya


Sekilas Tentang Leader Camp 2024

peserta-leader-camp-2024
Peserta Leader Camp 2024 - Dokumentasi: Sugiharti Imas

Leader Camp merupakan sebuah forum belajar yang mempertemukan perwakilan leader komponen di Ibu Profesional, Sisreg maupun program inovasi. Pastinya, peserta yang hadir datang dari berbagai penjuru Indonesia.


Dari target jumlah peserta yakni 50, nyatanya antusiasme para leader membuat total peserta yang mengikuti acara ini melebihi target, yakni mencapai 65 peserta.


Para peserta tidak ingin melewatkan momen ini untuk belajar bersama narasumber-narasumber ahli di bidangnya, berbagi pengalaman dengan para leader lainnya dan membangun jejaring. Ilmu dan pembelajaran yang mereka peroleh pun tak hanya bisa diaplikasikan untuk komunitas, tapi juga bisa diterapkan di keluarga masing-masing.


Belajar Sambil Bersenang-senang

Niya menyampaikan, meskipun agenda sangat padat mulai dari hari pertama, namun semangat peserta tidak pernah padam. Pembelajaran tidak hanya dilakukan pada saat pemberian materi saja, bahkan sejak datang dan bertemu banyak peserta lain, Niya bisa belajar sembari ngobrol dengan para leader komponen.


Rangkaian acara dibuat semenarik mungkin, membuat tidak ada celah bagi peserta untuk merasa bosan. Leader Camp 2024 dibuka dengan penampilan pengurus IP Bandung yang membawakan tarian Bubuy Bulan, lagu daerah Jawa Barat. Selanjutnya, pemberian materi yang disampaikan oleh para narasumber dipadatkan di hari Jum'at dan Sabtu.

perwakilan-ipedia-di-leader-camp
Ipedia Crew bersama Bapak Dodik dan Ibu Septi - Dokumentasi: Sugiharti Imas

Pemberian materi sendiri dilakukan dalam bentuk ngobrol dan berdiskusi. Adanya komunikasi yang terjadi secara 2 arah dan dituangkannya struktur berpikir dalam bentuk chart secara bersama-sama membuat pembelajaran terasa menyenangkan.


Meskipun agenda padat hingga waktu istirahat pukul 21.00 WIB, peserta tidak mau melewatkan satu momen pun untuk berbagi pengalaman bersama teman-teman satu kelompoknya. Dalam Leader Camp 2024 yang lalu, para peserta dibagi ke dalam 10 kelompok yang terdiri dari sekitar 5 orang anggota kelompok.


Niya sebagai perwakilan Ipedia berada dalam satu kelompok bersama Hani dari regional Tasikmalaya , Deka dari IP Karawang yang menjadi perwakilan Ibu Pembaharu, Uni Yesri dari regional IP Karawang, Ida sebagai perwakilan IP Semarang, dan Elin dari regional Bandung yang mewakili komponen Sejuta Cinta.


Setelah rangkaian acara harian selesai, para peserta disilakan beristirahat di kamar maupun tenda yang sudah disediakan. Niya mengatakan bahwa beberapa peserta turut membawa keluarganya, baik suami dan anak-anak untuk menginap di sana.


Materi dan Momen yang Berkesan

Dari berbagai materi yang disampaikan selama Leader Camp 2024, Niya merasa sulit jika harus memilih satu materi yang paling berkesan. Ia mengungkapkan,


Semua berkesan, sebab semua materi yang disampaikan nggak hanya bisa diterapkan untuk komunitas saja, melainkan bisa diterapkan bersama keluarga.

Materi-materi yang disampaikan seperti RACI (Responsible, Accountable, Consulted, Informed). MEL (Monitoring Evaluation Learning), dan IPO (Input, Process, Output), bisa dibawa ke dalam rapat keluarga untuk membuat project-project bersama keluarga.


Di samping itu, Niya juga berkesempatan untuk menjelaskan mengenai Ipedia ke teman-teman kelompoknya. Niya memperkenalkan berbagai program yang ada di salah satu program inovasi Ibu Profesional ini.


Beliau juga membeberkan beberapa tantangan yang dihadapi oleh teman-teman dalam pengelolaan Ipedia. Vice versa, Niya pun banyak belajar mengenai bagaimana teman-teman di komponen masing-masing menghadapi tantangan yang ada.


Selain materi yang berkesan, Niya juga bercerita tentang pengalaman di malam terakhir Leader Camp 2024 yang menurutnya menarik dan ngena banget. Di malam tersebut, para peserta diberi bunga mawar oleh peserta dan diminta untuk memberikan ucapan untuk Ibu Septi Peni Wulandani, selaku founder Ibu Profesional.



Selain memberikan kejutan berupa pemberian bunga mawar, peserta juga mendapatkan bonus mengenai kisah perjalanan couple goals Pak Dodik dan Bu Septi dalam intimate session yang diadakan di malam sebelumnya.


Momen-momen kebersamaan inilah yang membuat acara Leader Camp 2024 sukses membuat para pesertanya susah move on meski seluruh rangkaian acara sudah berakhir.


Semoga bisa berjumpa kembali di Leader Camp berikutnya!

4 views0 comments

Comments


bottom of page