top of page
  • Writer's pictureIpedia beritabaik

Hidup Sehat, Dompet Semakin Kuat

Updated: Nov 6, 2023

Ditulis oleh: eva.jo


Berolahraga sejatinya menjadi kebutuhan lahiriah manusia. Saat ini terdapat berbagai pilihan olahraga yang populer, salah satunya adalah yoga. Namun bagaimana bisa selain menjadikan sehat, yoga juga menjadi ladang bisnis? Yuk, simak kisah inspiratif Ratih Kusuma berikut ini.


hidup-sehat-dompet-kuat

Hai Sahabat Ipedia!


Berolahraga erat kaitannya dengan gaya hidup sehat. Lewat hobi berolahraga yoga, Ratih Kusuma menemukan gaya hidup sehat. Bonusnya, yoga memandu dirinya menuju kekuatan finansial.


Jatuh Cinta Pada Yoga

Ratih Kusuma atau yang akrab disapa Mbak Ratih, saat ini berdomisili di Solo. Ia adalah ibu rumah tangga yang juga menjalani peran sebagai seorang trainer yoga.


Sejak di bangku SMA, Mbak Ratih sudah jatuh hati pada olahraga yoga. Sempat vakum bertahun-tahun, ia jatuh cinta pada yoga untuk kedua kali saat sedang mengandung. Yoga hamil membuatnya merasakan nyaman di kala itu. Ketertarikannya pada yoga pun berlanjut hingga kini.


Yoga Olahraga Paket Komplit

Yoga adalah jenis olahraga yang memadukan olah tubuh dan olah napas. Kombinasi olah tubuh dan olah napas bertujuan untuk menjaga kesehatan lahir batin. Sementara itu, yang membedakan yoga dengan olahraga lainnya ialah efek terapi yang akan didapat. Selain membentuk otot dan membakar kalori, yoga juga dipercaya dapat membuat rileks.


Jenis yoga sendiri sangat banyak tergantung kebutuhan. Misalnya bisa disesuaikan dengan usia atau kondisi fisik. Alirannya pun beragam berdasarkan sumber belajarnya.


Selama satu tahun, Mbak Ratih mempelajari yoga secara mendalam. Setelah itu Ia memantapkan diri untuk menjadi seorang trainer. Menurutnya, belajar dari dasar dan menyeluruh itu penting agar menjadi guru yang qualified.


Bisnisnya Mudah, Balik Modalnya Tak Susah

Kecintaan Mbak Ratih terhadap yoga nyatanya tidak hanya menjadikan tubuhnya sehat. Lebih dari itu, yoga juga bisa menambah uang saku. Semakin hari pundi-pundi rupiahnya semakin terisi.

Modal yang dikeluarkan hanya untuk pelatihan saja. Selebihnya Ia hanya menyiapkan waktu dan matras pribadi. Waktu dan tempat juga sangat fleksibel dan bisa didiskusikan dengan trainee.


Tidak heran, jika yoga termasuk bisnis yang tergolong mudah dan cepat balik modal. Untuk setiap pertemuan selama 1,5 jam, trainer bisa mengantongi minimal Rp 150.000. Apalagi jika membuat event khusus, jutaan rupiah tidak sulit didapat. Modal yang dikeluarkan untuk pelatihan bisa segera kembali hanya dalam beberapa bulan.



Tak Pelit Ilmu Bagikan Tips Menjadi Trainer

Walaupun sudah menjadi trainer yang qualified, Mbak Ratih tak pelit ilmu untuk Sahabat Ipedia yang ingin merintis karir sebagai trainer yoga. Ia dengan senang hati membagikan tips sukses menjadi trainer yoga seperti dirinya.


Jadilah seorang trainer yang baik, bukan sekadar cari cuan. Uang jalan tapi kita juga jadi guru yang qualified.

Penasaran seperti apa tips menjadi trainer yoga yang qualified ala Mbak Ratih? Lalu, bagaimana suka duka Mbak Ratih menjalani pekerjaan ini?


Jangan lewatkan cerita lengkap yang inspiratif dalam episode Berdikari, "Hidup Sehat, Dompet Kuat" bersama host Niya Tulus, hanya di Ipedia TV berikut ini:








24 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page