top of page
  • Writer's pictureIpedia beritabaik

Bisnis Jalan dan Tetap Ambil Peran di Komunitas

Ditulis oleh: titi esti


Sahabat Ipedia punya bisnis? Bagaimana membagi waktu antara menjalankan bisnis dan mengambil peran di Ibu Profesional? Yuk kenalan dengan Sugiharti Imas, pebisnis sekaligus sosok dibalik Divisi Keuangan Ipedia.


bisnis-dan-komunitas

Hai Sahabat Ipedia!


Sudah bukan hal yang aneh, jika kita para perempuan mengambil peran di dalam kehidupan di ranah publik. Selain untuk aktualisasi dan mengembangkan diri, juga untuk berkontribusi dalam kebaikan.


Big Why Alasan Berbisnis

Sugiharti Imas mengawali bisnisnya di Karawang sekitar 7 tahun yang lalu. Kemudian, ia hijrah ke Bandung dan terus menekuni bidang bisnis. Beberapa lini bisnis dijalani, mulai dari fashion, makanan, minuman, obat-obatan herbal dan juga jamu.


Teh Sugih, panggilan akrab untuk Sugiharti Imas, memilih memetakan bakat dengan mengikuti talent mapping. Hasilnya, ia memiliki bakat Responsibility, Ambassador, Marketer dan Seller yang kuat. Inilah yang membuatnya merasa enjoy untuk memulai bisnis.


Bisnis ini membentuk branding sosok Teh Sugih sebagai penjual jamu. Sistem penjualannya lebih banyak dropship, sehingga tidak membutuhkan stok di rumah.


Dalam perjalanannya menjalankan bisnis, ia bertemu banyak orang dengan berbagai karakter. Untuk menyikapi hal ini, perlu seni komunikasi tersendiri. Waktu dan pengalaman, membentuk skill untuk mengenali para pembeli dan bagaimana menjadikannya sebagai pelanggan yang loyal.


Kenikmatan yang dirasakannya ketika menjalankan bisnis sendiri adalah memiliki penghasilan pribadi. Penghasilan ini pun dapat dipergunakan secara optimal untuk menambah kebaikan diri.


Awal Mula Menjalankan Peran di Komunitas

Pebisnis yang mulai dikenal luas di kalangan Ibu Profesional ini, hijrah dari Karawang ke Bandung. Di kota yang baru, ia melanjutkan peran kepengurusan di Hima Bandung selama dua tahun. Ia pun ditempatkan di KIPMA setelah namanya masuk dalam bursa calon leader.


Kiprahnya semakin dikenal di dunia kepengurusan, maka ketika ia ditugaskan di Divisi Keuangan Ipedia, Sugiharti Imas merasa tertantang untuk memperbaiki bakat administratif yang dirasanya kurang. Ternyata tantangan ini dapat ia taklukkan. Mencatat setiap transaksi adalah kunci, agar tidak menjadi konflik di belakang hari.


Sugiharti Imas bahagia menjalani peran saat ini. Ia merasa semua masih sejalan atau nyambung. Background bisnis yang ia jalani, memang masih satu playground dengan KIPMA. Tujuannya adalah mewadahi perempuan yang mempunyai karya, mempunyai produk, dan mempunyai bisnis serta menciptakan ekosistem bisnis yang sehat.


Selain itu, dengan mengambil peran ini, ia juga bisa mengetahui cara untuk menjadi seorang leader yang baik. Teh Sugih belajar bagaimana dapat lebih memahami orang dan memahami cara-cara mengatasi permasalahan di lapangan.



Pesan Bijak dari Teh Sugiharti Imas

Teh Sugih berpesan kepada Sahabat Ipedia, agar terus berkarya, produktif dan tetap melakukan apa yang disukai dan yang membuat enjoy. Menurutnya, ketika seseorang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu, pasti ia akan mendapatkan feedback. Orang tersebut akan lebih mengenal dirinya dan tidak lagi under-estimate akan kemampuannya.


Beliau juga mewanti-wanti, agar Sahabat Ipedia percaya diri.


Setiap pribadi punya keunikan sendiri-sendiri dan punya potensi yang besar di bidangnya masing-masing. Tidak perlu ragu untuk mengambil peran, tentunya tanpa melupakan prioritas untuk diri dan keluarga.
-Sugiharti Imas

Demikian obrolan tim IPEDIA Website dengan Sugiharti Imas, pelaku bisnis baik yang mengambil peran menjadi Pemimpin di Divisi Keuangan Ipedia.


Ingin mengenal bisnis baik yang lain? Silakan kunjungi beritanya di laman IPEDIA Website.





12 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page